Tingkatkan Kecerdasan Anak, Mahasiswa KKN 02 Unimal Adakan Lomba di Paloh Kayee Kunyet

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Unimal adakan lomba bagi anak-anak di Gampong Paloh Kayee Kunyet,Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (15/06/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 02 mengadakan berbagai perlombaan di  Gampong Paloh Kayee Kunyet,Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (15/06/2023). 

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan kecerdasan intelektual dalam pendidikan agama islam bagi anak-anak yang berada di gampong tersebut.

Rehandiansyah selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa terdapat tiga lomba yang diadakan yaitu lomba adzan, lomba hafalan surat pendek dan lomba praktek sholat. 

“Untuk penempatan perlombaan di bagi menjadi 3 tempat yaitu dua di Balai TPA dan satu lainnya di masjid,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa sebelum kegiatan lomba dimulai, anak-anak dan panitia melakukan do'a dan kemudian dilanjut dengan mengumpulkan para peserta lomba ke tempat yang telah ditentukan. 

Menurutnya lomba adzan yang dikhususkan untuk anak laki-laki bertujuan untuk melatih kemampuan anak supaya dapat melantunkan adzan dengan tepat, terampil, sesuai tajwid dan dengan irama yang indah. 

Lomba hafalan surat pendek meliputi surat An-Nas sampai dengan surah At-Takasur agar anak-anak dapat memahami secara cermat ayat-ayat Al-Quran. Sementara lomba praktek sholat bertujuan agar anak-anak bisa dan terbiasa dalam melaksanakan sholat dengan sebaik-baiknya.

Dr Jariah Abu Bakar selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan program kerja mahasiswa KKN di gampong tersebut. 

“Penjurian dilakukan oleh mahasiswa dan pada akhir lomba diumumkan pemenang untuk diberikan hadiah bagi anak-anak yang mendapatkan juara,” ucapnya. 

Lanjut Jariah, mahasiswa juga memberikan apresiasi kepada anak-anak yang belum beruntung sebagai pemenang dengan memberikan hadiah kecil-kecilan kepada partisipan lomba.

“Saya berharap melalui lomba ini, anak-anak terus mengembangkan bakat dan minat dalam bidang keagamaan sehingga dapat menciptakan generasi yang taat dan berkualitas,” pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar