UKM Umpal Kibar Panji Dies Natalis 54 Universitas Malikussaleh di Tiga Goa

SHARE:  

Humas Unimal
Tim Umpal kibarkan panji Dies Natalis Universitas Malikussaleh ke-54 di tiga gua yang ada di ampong Kulee, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie pada hari Sabtu -Minggu (15-16/07/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Pidie - Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (Umpal) mengibarkan panji Dies Natalis Universitas Malikussaleh ke-54 yang bertema “Maju Secara Otentik Bertumbuh Secara Akademik” pada tiga gua yang ada di Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie pada hari Sabtu -Minggu (15-16/07/2023).

Tiga gua tersebut adalah Gua Teungku,Gua Limeng dan Gua Tuk Ara. Muda Andia selaku ketua umum Umpal sekaligus ketua tim ekspedisi tiga gua ini menyebutkan bahwa kegiatan pengibaran panji ini tidak terlepas untuk memeriahkan hari jadi Universitas Malikussaleh yang sudah berada di angka 54.

“Kita juga memeriahkan Dies Natalis Unimal yang ke-54 ini dengan mengunjungi serta mengibarkan panji dies natalis pada tiga gua yang ada di Kabupaten Pidie,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa tiga gua yang dilakukan pengibaran itu memiliki dua tipe yaitu gua teknik penelusuran Vertikal dan gua teknik penelusuran Horizontal. “Untuk gua Tuk Ara memiliki tipe vertikal yang memiliki kedalaman 15 meter di bawah bumi sedangkan Gua Teungku dan Gua limeng dengan tipe Horizontal,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini bukan hanya pengibaran saja, tetapi juga melihat karakteristik dan mengeksplor stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua tersebut. 

“Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua dan meruncing ke bawah, sedangkan stalakmit  yang terbentuk di dasar gua dan bentuknya meruncing ke atas,” lanjut Muda. 

Tim pengibaran panji Dies Natalis Unimal berjumlah 10 orang. Dari 10 orang tersebut 7 orang dari anggota Umpal Unimal dan 3 orang dari UKM-PA Jabal Everest Sigli sebagai tim pendukung kegiatan. [fzl]


Kirim Komentar