UKM UMPAL Kibarkan Bendera Merah Putih di Goa Seumantong Aceh Besar

SHARE:  

Humas Unimal
Tim ekspedisi Umpal kibarkan bendera merah putih di Goa Seumantong, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (16/8/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Aceh Besar - Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Malikussaleh (UKM-PA UMPAL) melakukan eksplorasi dan pengibaran bendera Merah Putih di Goa Seumantong, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (16/8/2023).

Muda Andia selaku ketua umum UKM-PA UMPAL mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun.

“Ada enam orang yang mengikuti eksplorasi ini dan tentunya ini menjadi momen kemerdekaan sekaligus sebagai simulasi pengaplikasian ilmu telusur goa (caving) serta menjalankan program pengurus," terang Muda.

Keenam tim eksplorasi tersebut adalah perempuan tangguh, diantaranya Namya Nainda (mahasiswi Prodi Antropologi) sebagai ketua tim, Safraul Ulya (mahasiswi Prodi Antropologi) sebagai anggota, Vahlika Tiara Sinaga (mahasiswi Prodi Antropologi) sebagai anggota, Nabilah Marwa (mahasiswi Prodi Psikologi) sebagai anggota, Linda Maulina (mahasiswi Prodi Manajemen) sebagai Sweaper dan Irhamna Ikhawan (Mahasiswi Prodi Teknik Mesin) sebagai pendamping.

Ketua tim, Namya Nainda mengatakan bahwa salah satu tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan anggota perempuan dalam berkegiatan di alam terbuka. “Ekspedisi berlangsung dengan lancar dan relatif tidak ada hambatan,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa rute jalur penelusurannya adalah 2,08 kilometer dengan keadaan goa yang gelap dan memiliki sungai.

“Dua jalur goa yang kami lalui diantaranya, jalur vertikal dengan ketinggian 10 Meter dan jalur horizontal dengan kedalaman goa 2,08  kilometer,” pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar