Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unimal Ikut Beri Penyuluhan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh bersama tim kesehatan Kecamatan memberikan penyuluhan kepada warga gampong Mulieng Manyang, Aceh Utara, Rabu (4/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Kebersihan menurut wikipedia adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya debu, sampah, dan bau. Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat.

Dalam dunia kesehatan yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Hal tersebut bisa dicapai dengan menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

Berangkat dari hal tersebut, mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 94 di gampong Mulieng Manyang Aceh Utara membuat program yang bekerjasama dengan tim kesehatan kecamatan. Program tersebut adalah memberikan penyuluhan tentang pentingnya penyediaan kakus pada rumah warga pada hari Rabu (4/9/2019).

Ketua Kelompok 94, Jefri Mahaza mengatakan program ini diawali dengan melakukan survey di gampong Mulieng Manyang. Dimana dari hasil pengamatan kelompok 94 didapat bahwa tidak semua rumah warga yang memiliki kakus yang standar. Bahkan masih banyak yang tidak memiliki kakus.

Penyuluhan yang diberikan bersama tim kesehatan ini memberikan informasi kepada warga akan pentingnya kakus. Dalam penyuluhan itu juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana pembuatan kakus. Penyuluhan pembuatan kakus ini dilakukan dengan sederhana, yaitu dengan menggambarkannya di lantai rumah warga, tutup Jefri.[tmi]


Kirim Komentar