Mahasiswa KKN K12 Unimal Bantu Posyandu Lansia di Gampong Teumpok Beurandang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN – PPM Kelompok 12 bersama bidan desa laksanakan kegiatan Posyandu Lansia di Gampong Teumpok Beurandang, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Muara Batu - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Kelompok 12 bersama bidan desa laksanakan kegiatan Posyandu Lansia di Gampong Teumpok Beurandang, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023). 

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, Kegiatan Posyandu ini memiliki tujuan dalam  melaksanakan kebijakan pemerintah dalam upaya pelayanan kesehatan lanjut usia. Upaya ini untuk meningkatkan derajat lanjut usia yang berkualitas melalui sarana pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan para lansia.

Ketua kelompok, Rasya menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi momen penting di mana para lansia dari Gampong Teumpok Beurandang mendapatkan beragam pelayanan kesehatan. “Kegiatan dimulai dengan pengukuran berat badan dan tinggi tubuh, yang menjadi dasar untuk pemantauan kesehatan para lansia,” ucapnya.

Ia juga mengatakan dalam memberikan perawatan yang lebih menyeluruh, para lansia juga diberikan obat-obatan yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kesehatan. “Kami membantu untuk pengecekan darah atau tensi darah pada lansia dan beberapa kegiatan lainnya sesuai dengan arahan bidan,” tambahnya.

Jurahmih salah satu lansia menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu kali ini didampingi oleh para mahasiswa. Ia menganggap acara ini sebagai kegiatan bulanan yang sangat bermanfaat bagi lansia seperti dirinya.

Sementara itu, Desi selaku bidan gampong menyampaikan Posyandu ini merupakan bagian penting dalam evaluasi kesehatan lansia. “Pemeriksaan lanjutan lainnya juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan individu, sehingga masalah kesehatan tertentu dapat dideteksi dan ditangani,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa acara ini juga mencakup penyediaan makanan dalam bentuk jus, bolu, dan puding, dengan tujuan meningkatkan asupan gizi para lansia. “Ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa kebutuhan gizi mereka terpenuhi dengan baik,” pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar