Mahasiswa KKN K 36 Geulumpang Sulu Timu Bantu Acara Seunujoh Warga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K 36 Gampong Geulumpang Sulu Timu menunggu warga yang hadir untuk Khanduri Seunujoh. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran pemberdayaan   Masyarakat (PPM) Kelompok 036  ikut Membantu dalam acara seunujoh (kenduri tujuh hari meninggal) di salah satu rumah warga  di Gampong Geulumpang  Sulu Timu, Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Jumat (20/10/2023) .

Wali Yunis, Geuchik Gampong Geulumpang Sulu Timu mengatakan bahwa  tradisi Seunojoh ini sudah lama diberlakukan di Aceh. "Kenduri kematian dilakukan sejak hari pertama hingga tujuh, bahkan ada kenduri thon (setahun)," Geuchiek  Wali.

Lanjutnya, tradisi seunujoh biasanya berisi acara Samadiah atau berdoa bersama di antara kerabat dan masyarakat setempat untuk seorang yang meninggal.

Kelompok KKN - PPM 36 Unimal beranggotakan 15 mahasiswa, yang diketuai oleh Thufaeil Migdad, dengan anggota Andrian Arisandi,  Afiyani, Silfani Fauzia, Ikhsan Falah Pakpahan, Hajiyatul Khaira, Lasma Tambunan, Dian Silvia, Nurul Hasanah, Clara Selviyani , Eva Ariani, Husnatun Nisa, Asril, Zahratul Husna, Muhammad Solihuddin Daulay.  Kelompok ini dipimpin oleh  Dr Maryam, dosen Fisipol Unimal.

Menurut salah seorang peserta KKN, Lasma Tambunan, kegiatan seunujoh ini juga dilakukan di masyarakatnya di Sumatera Utara. "Bahkan tradisi di agama kami lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan keluarga untuk tradisi pesta kematian," ungkapnya. Namun Lasma bergembira bisa merasakan kehangatan masyarakat  Gampong Geulumpang Sulu Timu pada acara Seunujoh ini [tkf]


Kirim Komentar