Mahasiswa KKN K-2 Unimal Kolaborasi Panen Kangkung Bersama Kelompok Tani  

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K-2 Universitas Malikussaleh sedang membantu warga memanen kangkung di Gampong Mane Tunong, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (19/10/2023).Foto:ist

UNIMALNEWS| Krueng Geukuh-  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelaboratif  (KKN-K) Kelompok 02 Universitas Malikussaleh membantu warga memanen dan menanam kangkung milik kelompok tani di Gampong Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (19/10/2023). Kegiatan kolaborasi dilakukan bersama ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

Ketua mahasiswa KKN Kelompok 02 Muhammad Reyhan Ramadhan mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai konstribusi pihaknya untuk memotivasi para ibu-ibu yang ada di Gampong Mane Tunong agar lebih pro-aktif dalam meningkatkan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam dengan tanaman sayur-sayuran yang mudah dibudidayakan.  Di sisi lain, dengan kolaborasi yang dilakukan dengan ibu-ibu PKK dapat berbagi pengalaman dan pengatahuan selama mengikuti program KKN,”katanya.

Menurutnya, pemberdayaan kelompok tani binaan ibu-ibu PKK setempat merupakan awal dari keberlanjutan program kolaborasi yang akan dilakukan di Gampong Mane Tunong. “Kita berharap kolaborasi ini bisa berlanjut dengan berbagai program yang akan kita realisasikan dalam beberapa pekan ke deapan, “katahya.

Sementara anggota PKK Mane Tunong, Atun mengatakan kehadiran mahasiswa KKN yang membantu proses pemanenan dan penanaman kangkung dari kebun halaman kantor Geusyik, setidaknya memberi motivasi bagi pihaknya agar terus bersemangat memanfaatkan lahan yang selama ini terbengkalai untuk kemudian ditanami dengan berbagai tanaman sayur-sayuran.

“Anak-anak KKN sekarang sangat inspiratif mereka cepat beradaptasi, Semoga kedepan banyak program yang bisa kita kolaborasikan di Gampong Mane Tunong ini,”pungkasnya.

Sedangkan Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Muksalmina, MH menambahkan bahwa kolaborasi memanen dan menanam kangkung yang dilakukan mahasiswa bersama kelompok tani ibu-ibu PKK setempat merupakan wujud dari realisasi program kerja KKN mahasiswa. “Saya berharap semua konstribusi yang dilakukan mahasiswa bisa bersentuhan langsung dengan program-program masyarakat gampong,”katanya. [ded]


Berita Lainnya

Kirim Komentar