Sambut Mahasiswa KKN K86, Ini Pesan Geuchik Gampong Paya Beunyot

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 86 berdiskusi dengan geuchik Gampong Paya Beunyot, Kecamatan Bandar Baro, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bandar Baro - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 86 Universitas Malikussaleh diterima baik oleh geuchik dan masyarakat Gampong Paya Beunyot, Kecamatan Bandar Baro, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023). 

Geuchik Gampong Paya Beunyot, Samsul Rizal langsung berdiskusi dengan mahasiswa KKN yang hadir di gampongnya. Dalam diskusi bersama mahasiswa yang dilaksanakan di Meunasah Gampong, Samsul Rizal menyampaikan bahwa untuk Gampong Paya Beunyot sendiri telah beberapa kali didatangi oleh mahasiswa KKN.

"Harapan kami dengan adanya mahasiswa KKN di tahun 2023 ini  mampu menciptakan inovasi maupun program baru yang mendukung program desa dalam pemberdayaan masyarakat gampong baik dalam bentuk sosialisasi, penyuluhan, praktek lapangan, maupun mengajar ke sekolah," terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah sebagai petani, terutama padi. "Di sini anda dapat melihat persawahan dan tentunya mayoritas masyarakatnya adalah pergi ke sawah," katanya.

Program desa yang didiskusikan bersama mahasiswa itu berfokus tentang pemberdayaan masyarakat, baik peningkatan kualitas pendidikan, literasi digital masyarakat dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Gampong Paya Beunyot.

Selain itu, salah satu kepala dusun, Imam mengharapkan kepada mahasiswa khususnya laki-laki, agar turut aktif dalam kegiatan keagamaan mulai dari shalat berjamaah, azan, pengajian dan lain sebagainya. "Mahasiswa yang laki-laki tinggal di samping Meunasah, tentunya jangan pernah menjauhi meunasah ketika shalat dan ikut serta bersama masyarakat mengikuti pengajian," jelasnya.

Sementara itu, ketua kelompok, Aidil Fajar berharap semua kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik tanpa ada gangguan yang berarti. "Kita akan berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik agar program yang kami jalankan dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," pengkasnya.

Kelompok 86 yang berjumlah 15 orang dan dibimbing oleh Dr Lukman Hakim. [fzl]
 


Kirim Komentar