Mahasiswa KKN K 22 Manfaatkan Limbah Sekam Padi Menjadi Biochar di Gampong Reuleut Barat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K 22 manfaatkan limbah sekam padi menjadi Biochar di Gampong Reuleut Barat, Minggu (21/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Reuleut - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 22 melakukan pemanfaatan limbah sekam padi menjadi biochar di Gampong Reuleut Barat, Aceh Utara, Minggu (21/10/2023).

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, biochar merupakan alternatif untuk memperbaiki kesuburan tanah yang digunakan untuk tanaman obat-obatan dan sayur-sayuran.

Ketua tani gampong, Tengku Syafi'i mengatakan bahwa limbah sekam padi ini dapat diolah dan dimanfaatkan bagi tanaman. "Pemanfaatan sekam padi ini sangat bagus dan berguna bagi masyarakat di sini. Jika dilihat mayoritas masyarakat Gampong Reuleut Barat ini adalah petani, jadi limbah dari kulit padi ini tidak terbuang sia-sia," ungkapnya.

Andreco sebagai ketua kelompok mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara masyarakat, mahasiswa dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

"Semoga pemanfaatan limbah sekam padi ini dapat menjadi potensi baru bagi para petani di Gampong Reuleut Barat," pungkasnya.

Kelompok ini dibimbing oleh Rosnina MP sebagai DPL. [fzl]


Kirim Komentar