Manfaatkan Pohon Bambu, Ini Produk Yang Dibuat Mahasiswa KKN K 102 Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 102 Unimal melakukan pemanfaatan pohon bambu yang ada di Gampong Teungoh, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Minggu (22/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 102 melakukan pemanfaatan pohon bambu yang ada di Gampong Teungoh, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Minggu (22/10/2023).

Khairunnisa, salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa program kerja pertama yang mereka usung adalah memanfaatkan pohon bambu yang ada di gampong. “Setelah observasi akhirnya kami memutuskan untuk mengolah pohon bambu yang berjejeran di pinggir sungai Gampong Teungoh menjadi produk tong sampah,” terangnya.

Ia juga menambahkan pemanfaatan pohon bambu ini menjadi sebuah benda yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di gampong, baik untuk kebutuhan maupun untuk dijual.

“Masyarakat mengikuti pembuatan produk ini sampai dengan selesai dan produk ini kami harapkan dapat dijual kepada masyarakat luar,” tambahnya.

Sementara itu, Khalidin selaku geuchik mengatakan bahwa produk ini memberikan wawasan baru bagi masyarakat yang belum pernah dibuat di gampong. 

“Maka dengan adanya program kerja yang dibuat oleh mahasiswa KKN ini, masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya dan sampah tidak berserakan di pinggiran sungai serta tidak terjadinya penyumbatan di sungai tersebut. Mungkin ke depan masyarakat dapat memproduksi tong ini untuk dijual,” pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar