Mahasiswa KKN K 3 Ajak Anak-Anak Gelar Aksi Bersih Pantai dan Pemanfaatan Limbah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 3 Ajak Anak-Anak Gelar Aksi Bersih Pantai dan Pemanfaatan Limbah. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 3 menggelar aksi pembersihan pantai bersama anak-anak di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Minggu (22/10/2023).

Ketua kelompok, Teuku Fathayat menyampaikan aksi membersihkan pantai bersama anak-anak dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan serta mengajak anak-anak Gampong Meunasah Baro untuk lebih peduli kepada lingkungan.

“Kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk mengajarkan anak-anak agar mau peduli terhadap lingkungannya dan bersihnya pantai juga bisa membuat masyarakat lebih nyaman ketika berkunjung ke pantai," terangnya.

Lanjutnya, selain itu kegiatan ini juga selaras dengan tema KKN-PPM tahun 2023 Unimal yakni “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal" dan di Gampong Meunasah Baro yang terletak di Kecamatan Muara Batu ini mempunyai salah satu potensi berupa laut dan pantai. 

“Pemberdayaan kali ini difokuskan kepada anak-anak dengan tujuan membangkitkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu anak-anak juga akan diajarkan bagaimana mengelola sampah menjadi sebuah kerajinan tangan, walaupun tidak untuk dijual namun dapat berguna untuk membangkitkan jiwa kreativitas mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan, Iromi Ilham, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberi dampak bagi anak-anak dan masyarakat agar lebih peduli pada lingkungannya serta memberikan arah positif bagi generasi kedepan.

“Ya, kegiatan ini sangat bagus untuk mengajarkan anak-anak peduli lingkungan, pantai pun menjadi lebih bersih dan lebih enak dipandang,” pungkasnya.

Pembersihan pantai desa Meunasah Baro dilakukan dengan mengumpulkan sampah-sampah yang terdampar di sekitar pantai. Sampah-sampah tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga seperti plastik, botol, ranting kayu dan sandal bekas. [fzl]


Kirim Komentar