Mahasiswa KKN K 7 Luncurkan Program Gerakan Literasi Gampong (Geliga)

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K 7 luncurkan Program Gerakan Literasi Gampong (Geliga). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 7 meluncurkan Program Gerakan Literasi Gampong (Geliga) yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat di Gampong Pante Gurah, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini berlangsung setiap dua kali dalam sepekan yang dimulai dari hari Sabtu dan Minggu.

Miswan Pratama Sirait, selaku anggota kelompok mengatakan program Geliga ini mencakup berbagai aktivitas seperti memberikan fasilitas buku pelajaran dan non-pelajaran gratis, mengajar anak-anak membaca, menceritakan isi buku, membaca bersama, merangkum video pembelajaran, dan banyak lagi. Ini adalah langkah penting dalam mengembangkan literasi dan pendidikan di Gampong Pante Gurah.

"Program ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam peningkatan literasi masyarakat di Gampong Pante Gurah dan membantu masyarakat agar lebih terlibat dalam dunia literasi," terangnya melalui rilis yang diterima Unimalnews, Sabtu (26/10/2023).

Suci Wulandari anggota kelompok lainnya menyampaikan bahwa pelaksanaan program ini diharapkan dapat menyelaraskan program pendidikan anak usia dini dan akan menciptakan generasi emas yang sehat, cerdas, ceria serta berakhlak mulia. "Kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat melalui Program Geliga. Ini adalah pengalaman berharga bagi kami semua dan kami sangat senang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan literasi mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Geuchik Pante Gurah, Safnur memberikan respon positif terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Ia mengatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh mahasiswa kepada anak-anak itu adalah upaya yang positif dan bermanfaat bagi generasi masyarakat Gampong Pante Gurah. "Literasi adalah kunci untuk perkembangan dan kemajuan dan kami percaya Geliga akan memberikan manfaat yang besar," pungkasnya.

Kelompok ini dibimbing oleh Iqbal Qamar ST MT, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). [fzl]


Kirim Komentar