Mahasiswa KKN K51 Sosialisasi Usaha Peningkatan Potensi Lokal 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 51 Sosialisasi Usaha Peningkatan Potensi Lokal. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 51 laksanakan sosialisasi dan diskusi bersama masyarakat mengenai Usaha peningkatan Potensi Lokal di Gampong Pante Jaloh, Kecamatan, Sawang Kabupaten Aceh Utara , Sabtu (21/10/2023).
 
Ketua kelompok, Ronal Arpandi Sagala mengatakan sosialisasi dan diskusi ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan pendapatan masyarakat berdasarkan potensi lokal yang ada di gampong.

"Kami mensosialisasikan program kerja kami yang akan dilaksanakan kepada masyarakat, yaitu Mina padi, Pembuatan pupuk organik cair (POC) dan Pembuatan pestisida," ungkapnya. 

Tambahnya, mina padi merupakan usaha bertani dan berkolam dengan pemanfaatan lahan sawah sebagai medianya untuk memaksimalkan potensi lahan sawah. POC (pupuk organik cair) merupakan pemanfaatan limbah rumah tangga seperti potongan sayur yang di fermentasi atau dibusukkan dengan campuran bakteri EM 4 dan gula merah sebagai makanan bakteri yang dapat di gunakan sebagai pupuk dan bermanfaat bagi tanaman.

Sementara itu, pestisida nabati merupakan racun hama yang bisa dibuat dari bahan sekitar seperti bawang putih yang berguna sebagai pengandali hama.

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Gampong Pante Jaloh tertarik dan termotivasi melakukan apa yang kami sosialisasikan," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa mahasiswa KKN telah menunjukkan kepedulian dan kebersamaan dalam upaya peningkatan potensi lokal. “Disini masyarakatnya hanya bertani dan berkebun tidak ada usaha sampingan sehingga perlu inovasi lain dalam bertani dan berkebun untuk meingkatkan pendapatan masyarakat salah satu nya bertani mina padi dan buat produk POC dan pestisida organik sendiri," ucapnya.

Sementara Geuchik yang diwakilkan oleh tuha peut menambahkan kunjungan mahasiswa kkn di gampongnya diharapkan dapat memberi perubahan dan memotivasi masyarakat agar upaya dalam meningkatkan potensi lokal terus ada dan berjalan sesuai dengan tema kkn adik mahasiswa.

Kelompok ini di dampingi oleh dosen pendamping lapangan (DPL), Dr. Hamdani.,S.H. LL.M. [fzl]


Kirim Komentar