Mahasiswa KKN K109 Bantu Operator Gampong Lakukan Pendataan Melalui Aplikasi SIKS-NG

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K109 Bantu Operator Gampong Lakukan Pendataan Melalui Aplikasi SIKS-NG

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 109 dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nurhasanah MSi membantu operator gampong dalam memasukan data warga melalui aplikasi SIKS-NG di Meunasah Krueng, Kecamatan Nisam, Aceh utara, Sabtu (21/10/2023).

Aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) merupakan salah satu aplikasi yang dapat merubah dan mengusulkan warga ke dalam DTKS maupun kepesertaan Program Bansos.

Asyari, selaku salah satu operator gampong Meunasah Krueng yang bertugas dalam menginput data melalui aplikasi ini mengatakan bahwa aplikasi SIKS-NG adalah aplikasi yang memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Aplikasi ini ditujukan untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah, juga dapat merubah dan mengusulkan warga ke dalam DTKS maupun kepesertaan Program Bansos," katanya.

 

Anggota Kelompok 109, Khairunnisa menyampaikan bahwa untuk menginput data ini dibutuhkan kerja sama antara pihak operator gampong dengan mahasiswa KKN-PPM Kelompok 109.

"Pada saat kami berdiskusi dengan Geuchik Meunasah Krueng, beliau mengarahkan bahwa nantinya kami mahasiswa KKN dapat membantu proker yang sudah disediakan desa maupun proses pendataan yang diperlukan seperti salah satunya penginputan data ke aplikasi SIKS-NG," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa pada hari sebelumnya pihaknya juga turut mendatangi satu persatu rumah yang ada di Gampong Meunasah Krueng untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan.

Kelompok 109 KKN-PPM juga melaporkan kegiatan yang dilakukan pada hari ini kepada DPL, dan turut mengapresiasi atas keikutsertaan kami dalam membantu operator Gampong Meunasah Krueng.[tmi]


Kirim Komentar