Mahasiswa KKN K31 Mengikuti Tradisi Tarek Pukat di Gampong Bangka Jaya

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K31 Mengikuti Tradisi Tarek Pukat di Gampong Bangka Jaya

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 31 mengikuti tradisi Tarek Pukat di Gampong Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (18/10/2023).

Salah satu warga Gampong Bangka Jaya, Abdullah mengatakan,  Tarek Pukat di Gampong Bangka Jaya adalah sebuah tradisi menangkap ikan yang dilakukan secara terus-menerus setiap harinya.

“Kami melepaskan pukat ke laut mulai pukul 06.00 WIB terus menarik kembali sekitar pukul 07.00, dan itu juga tergantung angin dan kondisi laut di Bangka Jaya,” terangnya Abdullah di sela-sela menarik pukat bersama nelayan lainnya.

Febrianti Sumaya, salah satu anggota kelompok 31 menyebutkan, dari keterangan nelayan bahwa Tarek Pukat dilakukan kurang lebih sebanyak 7 orang per pukatnya. Penghasilan dari Tarek Pukat tersebut akan diperjual belikan ke pasar atau Tempat Penampungan Ikan (TPI) dan hasilnya akan dibagi rata, dan tidak lupa sebagian dari hasil tersebut dibagikan kewarga yang ikut serta membantunya.

“Tradisi Tarek Pukat yang dilakukan oleh warga Gampong Bangka Jaya  harus tetap terus dilestarikan,” pungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar