Mahasiswa KKN K89 Membuat Apotek Hidup untuk Masyarakat Gampong Meunasah Cut

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K89 Membuat Apotek Hidup untuk Masyarakat Gampong Meunasah Cut

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 89 melakukan kegiatan pembuatan Apotek Hidup di  Gampong Meunasah Cut, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Kamis (26/10/2023).

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN-PPM adalah M. Zaky Hakim, Zulkarnaini, Dwi Thirta, Muhammad Khalfani, M.Perdiansyah Hasibuan, Cut Zahriana, Meliza Putri, Dinia Syangka, Servo Sari, Ningsih Agustina, Utami Putria Ningsih, Waffiq Afifah Nazmi Nasution, Nina Fhonna, Tengku Naila Amani, Annisa Khairani. Mereka semua berada di bawah bimbingan Zelfie Ardian MEng.

Zaky Hakim salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa apotek hidup memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. 

"Tidak hanya untuk pengobatan, tetapi juga bagi lingkungan sekitar. Ada banyak contoh tanaman apotek hidup yang kami tanam di pekarangan Meunasah seperti,Serai, kunyit, temulawak, kencur, jahe merah, pohon betadin, pohon emas, pohon serbaguna, pohon patah tulang, lengkuas,  dan sejenisnya," terangnya.

Zaky menyebutkan, pembuatan apotek hidup memakan waktu 2 hari mulai tanggal 25 - 26 Oktober di samping halaman meunasah. 

“Kegiatan ini dilakukan bergotong royong oleh seluruh anggota kelompok. Kegiatan dipimpin oleh Ketua Kelompok, Zulkarnaini," ujarnya

Zulkarnaini mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di Gampong Meunasah Cut Kecamatan Nisam. "Masyarakat dapat memanfaatkan tanaman yang ada di sini kelak dan dapat dijadikan sebagai obat alami bila dibutuhkan," tambahnya

Sementara itu, Rasyidin selaku geuchik menyampaikan bahwa apotek hidup ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat gampong secara menyeluruh dan apresiasi untuk mahasiswa KKN-PPM Unimal kelompok 89 yang sudah membuat apotek hidup ini.

"Nantinya hasil dari  apotek hidup ini akan digunakan secara bersama-sama oleh masyarakat Meunasah Cut," tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar