Mahasiswa PMM Kelompok Rampagoe Kunjungi Wisata Sejarah Goa Putri Pukes 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa PMM Kelompok Rampagoe Kunjungi Wisata Sejarah Goa Putri Pukes. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Takengon - Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kelompok Rampagoe mengikuti kegiatan refleksi Modul Nusantara dengan mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarah di Aceh yaitu Goa Putri Pukes yang terletak di Desa Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kota Takengon, Minggu (22/10/2023).

Goa tersebut berada di pinggiran Danau Lut tawar yang jaraknya sekitar 10-15 menit atau 6 Km dari pusat Kota Takengon.

Muhammad Arda Rizky Fauzan, salah satu anggota kelompok yang berasal dari Universitas Pamulang Banten mengatakan ada nuansa misterius dan menarik ketika mengunjungi lokasi ini. 

“Saya merasa sangat terkesan setelah mengunjungi Goa Putri Pukes. Keindahan Stalaktit dan Stalagmit unik dan khas yang merupakan batuan  yang terbentuk didalam goa secara alami melalui reaksi dan endapan air hujan dengan batu kapur, serta nuansa misteriusnya, mebuat kunjungan ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan," ungkapnya.

Imam Shadiqin selaku Dosen Modul Nusantara mengatakan kunjungan tersebut merupakan cara untuk mengenalkan kepada peserta PMM 3 tentang situs sejarah yang ada di Wilayah Aceh Tengah khususnya Kota Takengon. 

"Ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan keberagaman budaya Aceh Khas Tanah Gayo," ucapnya.

Ia mengharapkan setelah melakukan kunjungan tersebut, Mahasiswa pertukaran inbound Unimal baik dari Pulau jawa,Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa dan lainnya mendapatkan informasi mengenai identitas maupun sejarah dan kepedulian mahasiswa terkait sejarah legenda,adat istiadat dan budaya di Aceh. 

"Selain mengikuti proses akademik lewat perkuliahan di dalam kelas, mahasiswa PMM juga mendapatkan kegiatan di luar kampus yang salah satunya melalui pendekatan objek wisata maupun objek yang memiliki nilai sejarah, sehingga memberikan makna mendalam bahwa sebagai generasi muda wajib mengenal dan mempelajarinya," pungkasnya.
 
Setelah mengunjungi lokasi Goa Putri Pukes, selanjutnya mahasiswa pertukaran Inbound Unimal menikmati keindahan alam yang disuguhkan di depan Goa Putri Pukes yaitu Danau Lut tawar. [fzl]


Kirim Komentar