Menggali Kreatifitas Anak TK, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN Kelompok 6

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 6 Goes To Taman Kanak (TK) Aneuk Bangsa di Gampong Tanoh Anoe, Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Selasa (24/10/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 6 di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Cut Andyna MSos melaksanakan Goes To Taman Kanak (TK) Aneuk Bangsa di Gampong Tanoh Anoe, Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Selasa (24/10/2023).

Kunjungan itu dilakukan sebagai upaya untuk menggali kreatifitas anak melalui  serangkaian kegiatan yang menarik dan fun learning yang bertujuan untuk membina jiwa-jiwa muda dan meningkatkan kesejahteraan fisik para siswa. 

Renol Prabudi Zg salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa kreativitas adalah aspek penting dalam perkembangan anak. "Kami melakukan kegiatan mewarnai kepada anak-anak di TK tersebut. Tujuannya adalah untuk mendorong ekspresi diri dan eksplorasi artistik anak-anak," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa para siswa akan memiliki kesempatan untuk bereksperimen dengan beragam warna dan bentuk. "Ini memungkinkan siswa TK Aneuk Bangsa untuk menghadirkan ide-ide imajinatif ke dalam selembaran kertas," ucapnya.

Tambahnya, pendekatan langsung seperti ini dapat memberikan dampak yang baik kepada anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan menumbuhkan rasa bangga atas pencapaian artistik mereka.

"Selain menggali kreatifitas, kami juga mencoba meningkatkan daya berpikir kritis anak melalui Story Telling dan kemampuan kognitif mereka," tambahnya.

Safriana selaku kepala TK Anek Bangsa menyampaikan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. "Kami percaya dalam kekuatan keterlibatan mahasiswa KKN, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi kami dewan guru," pungkasnya.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen bersama mahasiswa KKN untuk menyediakan metode pendidikan yang komprehensif yang melampaui pembelajaran tradisional di dalam kelas. Kegiatan Goes To TK Aneuk Bangsa ini bertujuan untuk membina kreativitas, berpikir kritis, dan kebugaran fisik pada siswa-siswa agar tumbuh menjadi individu yang berbakat. [fzl]


Kirim Komentar