Mahasiswa KKN K153 Beri Penyuluhan Pada UMKM Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K153 Beri Penyuluhan Pada UMKM Masyarakat. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 153 melakukan penyuluhan perencanaan terhadap salah satu UMKM yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di Gampong Blang Raleu, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Selasa (24/10/2023).

Berdsarkan rilis yang diterima Unimalnews, kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana tingkat perekonomian pelaku usaha UMKM di Blang Raleu. 

Mar salah satu masyarakat yang memiliki usaha di bidang makanan mengatakan bahwa usaha yang sedang dijalankannya adalah menjual cemilan keripik.

"Saya menjajankan dagangan dari warung ke warung dan hanya memasarkan pada tiga kedai yang ada di gampong dan untuk keuntungan yang didapatkan hanya sebesar 800 perak per pcs. Itu pun tidak menambah nilai untung harga jual. Hasil dagangan tersebut kadang dinaikkan menjadi 200 perak oleh kedai sekitar. Dan kejadian ini terus terjadi selama saya berjualan disini," terangnya.

Yusriadi salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa penyuluhan yang dilakukan terkait cara pengemasan, pemasaran, target pasar dan juga penambahan variasi rasa.

"Kami memberikan pengetahuan kepada ibu Mar mengenai pengemasan yang lebih menarik seperti menggunakan plastik standing pouch, kemudian terkait pemasaran harus dikembangkan dengan jangkauan yang lebih luas untuk meningkatkan nilai jual dan juga memberikan inovasi baru terkait variasi coklat sehingga membuat beda diantara UMKM lainnya agar meningkatkan  citra rasa dan selera minat di mata masyarakat," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar