Manfaatkan Sampah, Mahasiswa KKN K39 Buat Tanaman Kangkung Hidroponik

SHARE:  

Humas Unimal
Manfaatkan Sampah, Mahasiswa KKN K39 Buat Tanaman Kangkung Hidroponik. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 39 melakukan penanaman bibit kangkung menggunakan metode hidroponik di menasah Gampong lancang Barat, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat (27/10/2023). 

Penanaman Kangkung Hidroponik merupakan salah satu metode menanam yang cocok digunakan untuk menghemat ruang tanpa perlu lahan yang luas dan menggunakan sedikit air serta tidak perlu banyak menyiram. 

Widiansyah salah satu anggota kelompok menyampaikan penanaman hidroponik ini sangat ramah lingkungan karena memanfaatkan botol bekas dan bahan seadanya yang didapat di sekitaran gampong untuk media menanam bibit kangkung tersebut.

"Kegiatan penanaman kangkung hidroponik ini merupakan inovasi yang kami terapkan dalam rangka mendukung pertanian yang lebih ramah lingkungan dan memanfaatkan botol bekas untuk medianya," ujarnya.

Sementara itu Geuchik Gampong Lancang Barat, Kamaruzaman mengatakan ini menjadi salah satu hasil kegiatan mahasiswa KKN di gampong kami. "Selain mengurangi dampak lingkungan, metode hidroponik juga memberikan peluang bagi warga untuk menanam di area terbatas, seperti pekarangan rumah," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar