Mahasiswa KKN K01 Manfaatkan Lahan Kosong Sebagai Media Budidaya Toga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K01 Manfaatkan Lahan Kosong Sebagai Media Budidaya Toga

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN - PPM) memanfaatkan lahan yang tidak terpakai di Gampong Keude Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara dengan Budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Selasa, (31/10/2023).

Ketua Kelompok, Aris Munandar mengatakan Pemanfaatan lahan kosong sebagai media tanam TOGA yang dilakukan oleh Kelompok 1 ini didukung penuh oleh seluruh masyarakat Gampong Keude Mane karena program kerja ini merupakan suatu kiprah baik dan memberi manfaat bagi masyarakat gampong. 

"Tentu, program ini diharapkan dapat menciptakan kondisi ketahanan pangan desa yang aman, terjamin, dan berkualitas. Sehingga ketahanan pangan desa tidak hanya berkaitan dengan ketersediaan pangan nabati dan hewani, tetapi juga dengan kesehatan dan gizi masyarakat desa," katanya.

Aris menambahkan,”Kami memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang cara menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga kepada masyarakat desa. Dengan demikian, program ketahanan pangan dan hewani desa dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Muksalmina MH menyebutkan bahwa dengan menanam tanaman obat keluarga, masyarakat desa dapat memanfaatkan tanaman tersebut untuk mengobati berbagai penyakit ringan, seperti batuk, pilek, sakit perut, dan lain-lain.

"Selain itu, tanaman obat keluarga juga dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah stunting pada anak-anak. Sehingga kami berharap kegiatan penanaman tanaman obat keluarga ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Gampong Keude Mane,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar