Mahasiswa KKN-PPM K 66 Melakukan Pembersihan Lahan Untuk Budidaya Tanaman Kangkung

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM K 66 Melakukan Pembersihan Lahan Untuk Budidaya Tanaman Kangkung. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 66 melakukan pembersihan sebagian lahan di belakang Masjid Al Kausar yang akan digunakan untuk budidaya tanaman kangkung di Gampong Babah Krueng, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (26/10/23).

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, kegiatan itu merupakan langkah awal untuk bercocok tanam bibit kangkung yang sebelumnya banyak ditumbuhi gulma. 

Ketua kelompok, Syaiful Reza Alfarisyi Nasution menjelaskan bahwa kegiatan pembersihan ini sebagai persiapan untuk budidaya sayuran agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat nantinya. "Harapan saya dari kegiatan ini adalah agar masyarakat bisa melanjutkan budidaya tanaman kangkung tersebut ketika kelompok 066 sudah tidak berada di Gampong Babah Krueng lagi," terangnya.

Zakaria salah seorang aparatur gampong mengatakan semoga upaya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mahasiswa KKN. "Lahan terbengkalai ini dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman yangg berumur pendek dan kami  berharap agar hasil panennya dapat dinikmati bersama sebelum kegiatan KKN ini selesai," ungkapnya.

Kegiatan pembersihan ini turut disaksikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Subhan MSc. Ia mengatakan kegiatan berkebun ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana memanfaatkan potensi alam yang ada di masyarakat Babah Krueng. 

"Misalnya kondisi tanah yang mendukung untuk bercocok tanam, bahan baku pupuk yang berasal dari kotoran hewan dan sisa tanaman, serta curah hujan yang mendukung. Di samping itu manfaat yang didapatkan dari hasil kebun juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar