Mahasiswa KKN 128 Beri Bimbingan Pengolahan Pupuk Cair di Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 128 Beri Bimbingan Pengolahan Pupuk Cair di Kuta Makmur. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 128 beri bimbingan pembuatan pupuk organik cair kepada masyarakat di Gampong Panton Rayeuk 1, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Jumat, (27/10/2023).

Bimbingan pembuatan pupuk organik cair yang dilakukan ini berbahan dasar sayur-sayuran busuk yang dicampur dengan berbagai bahan tambahan lainnya.

Nurul Husna salah satu anggota kelompok mengatakan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan gambaran dan menumbuhkan kesadaran bahwa dari bahan sayur busuk seperti kangkung, bayam, sawi bisa dijadikan pupuk tanpa mengeluarkan biaya yang mahal dan mudah ditemukan bagi Masyarakat setempat. 

"Dengan bimbingan ini setidaknya masyarakat mengetahui bahwa hal yang dulunya kurang bermanfaat dapat diolah kembali dan berguna," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pupuk organik ini bisa untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia dan bermanfaat untuk menyuburkan tanaman dan menghasilkan buah yang banyak dan segar.

“Adapun untuk bahan dan alat yang diperlukan berupa sayuran busuk, gula merah, ember, air bersih dan EM4,” terang Nurul.

Sementara itu, Linda merupakan ibuk geuchik mengatakan bahwa bimbingan yang dilakukan oleh mahasiswa ini dapat membantu masyarakat dalam memahami berbagai manfaat dari pupuk cair organik. "Setidaknya masyarakat mengetahui bagaimana cara menyuburkan tanaman dengan alami dan saya sangat mendukungnya kegiatan ini," pungkasnya.

Kelompok KKN ini dibawah bimbingan Dr Adhiana sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL). [fzl]


Kirim Komentar