Mahasiswa KKN K 3 Lakukan Pemasaran Digital Kerajinan Tikar di Muara Batu 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K 3 Lakukan Pemasaran Digital Kerajinan Tikar di Muara Batu. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 3 kunjungi rumah Ibu Manawiyah seorang pengrajin tikar dari daun pandan duri di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Selasa (31/10/2023).

Nurmaulina salah seorang anggota kelompok mengatakan kedatangan mereka disambut hangat oleh Ibu Manawiyah yang sedang beristirahat di rumahnya. 

"Ibu Manawiyah memperlihatkan hasil anyaman tikarnya kepada kami sembari menceritakan kisahnya dan beliu telah mengajam tikar sejak masih muda sampai dengan sekarang ini," ungkap Nurmaulina

Ia juga mengatakan bahwa Ibu Manawiyah ketika mengayam satu tikar memakan waktu hingga satu bulan dan dijual seharga Rp. 350.000 per tikarnya. "Pemasaran tikar yang beliau lakukan selama ini masih dari mulut ke mulut karena keterbatasan pemahaman terhadap teknologi dan internet," jelasnya.

Tambahnya, dari kegiatan ini kami akan menfasilitasi peningkatan promosi tikar melalui pemasaran di media sosial yang nantinya dapat meningkatkan penjualan dan memberikan bimbingan kepadanya.

"Semoga dengan promosi kita bisa membantu pengrajin tikar agar lebih banyak yang mengetahui adanya produk tikar di Gampong Meunasah Baro ini," ujarnya. 

Iromi Ilham MA selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada pengrajin tikar di desa Meunasah Baro sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

“Ini proker yang bagus untuk dilakukan karena tidak semua pengrajin tikar di gampong paham cara pemasaran di internet dan selama mahasiswa di sana mereka akan membantu pemasarannya agar pengrajin tikar itu bisa diketahui oleh orang banyak," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar