Mahasiswa KKN K133 Beri Pelatihan Pemanfaatan Ranup di Gampong Meuriya

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K133 Beri Pelatihan Pemanfaatan Ranup di Gampong Meuriya. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 133 beri pelatihan tentang teknik penanaman ranup yang efektif, metode perawatan yang tepat dan strategi pemanfaatan ranup kepada para perempuan di Gampong Meuriya, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Minggu (29/10/2023).

Ria Maulani salah satu anggota kelompok menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para ibu-ibu dalam mengelola ranup, yang bisa menjadi sumber pendapatan tambahan serta menguatkan warisan budaya daerah.

"Tanaman Ranup merupakan tanaman khas yang memiliki nilai budaya dan ekonomi bagi masyarakat Aceh," terangnya.

Ia juga mengatakan melalui sesi interaktif, mereka memberikan pelatihan praktis tentang teknik penanaman ranup yang efektif, metode perawatan yang tepat, dan strategi pemanfaatan ranup dalam berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari kuliner hingga pengobatan tradisional. "Program ini diadakan setiap hari minggu selama kegiatan kkn ini berlangsung," ucapnya.

Sementara itu, Sari Yulis Terfiadi MBA selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengharapkan agar program ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan lokal, tetapi juga mengarah pada peningkatan keterampilan dan kemandirian ibu-ibu di gampong dalam mengelola ranup secara berkelanjutan. 

"Melalui upaya ini, kelompok KKN Universitas Malikussaleh dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pelestarian budaya lokal serta pemberdayaan masyarakat di Gampong Meuriya," pungkasnya.


Berita Lainnya

Kirim Komentar