Mahasiswa KKN K41 Bersama Masyarakat Bentuk Kembali Kebun Gizi

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K41 Bersama Masyarakat Bentuk Kembali Kebun Gizi. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 41 bersama masyarakat membuat kebun gizi di lahan kosong Gampong Cot Keumuneng, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Rabu (1/11/23).

Agil Mawarni salah satu anggota kelompok mengatakan kebun gizi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Gampong Cot Keumuneng. "Sebenarnya, kebun ini sudah ada sejak 2020 tapi sudah tidak terurus lagi dan kami mulai membersihkan dan menanami kembali berbagai jenis tumbuhan bergizi," ungkap Agil.

Agil juga menjelaskan bahwa kelompoknya telah melakukan diskusi dan koordinasi dengan geuchik dan aparatur gampong terhadap kegiatan ini. 

"Setelah diskusi dengan geuchik dan aparatur gampong, kami bersama masyarakat mulai membersihkan lahan dan menggarap kembali bedengan untuk ditanami bibit-bibit sayuran, berupa cabai, terong, tomat, kangkung, bayam, timun, sawi dan beberapa jenis lainnya," jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dapat dukungan penuh oleh masyarakat sehingga para masyarakat juga ikut serta baik dalam gotong royong membersihkan lahan dan menyumbang tanah organik sebagai media pupuk alami. 

"Harapannya setelah kami sudah meninggalkan gampong, lahan dapat dilanjutkan perawatannya oleh masyarakat dengan sebaik mungkin," tambahnya.

Sementara itu, Hasmunir Mahmud selaku Geuchik Gampong Cot Keumuneng menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Mahasiswa KKN Unimal atas kemauannya untuk pembuatan kembali lahan kosong ini.

"Hasil panen ini nantinya akan sangat digunakan bersama-sama oleh warga gampong kami dan bila memungkinkan mahasiswa dapat menikmati hasil dari kebun ini nantinya," pungkasny. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar