Edukasikan Tanaman Obat Pada Siswa, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN K162 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 162 bersama siswa SD Negeri 6 Simpang Keuramat menanam tanaman obat di pekarangan sekolah. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 162 edukasikan tanaman obat pada siswa SD Negeri 6 Simpang Keuramat, Aceh Utara, Selasa (31/10/2023). 

Ria Ziljannah salah satu anggota kelompok mengatakan edukasi ini dilakukan ketika kelompoknya menyadari potensi lokal yang luar biasa terhadap tanaman obat-obatan yang ada di sekitaran Gampong Meunasah Dayah tempat di mana SD ini berada.

"Kami melakukan edukasi dan penguatan pemahaman tentang tanaman obat pada siswa SD tersebut dan bersama mereka kami membuat area apotik hidup di sekitar sekolah," terangnya.

Ia juga mengatakan area sekolah itu menjadi sebuah tempat yang ideal untuk menumbuhkan tanaman obat. "Apotek hidup ini memiliki tujuan ganda untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang penggunaan tanaman obat dan kami bersama siswa telah menanam beberapa tanaman obat seperti jahe, kunyit, kencur dan serai," jelasnya.

Lanjutnya, tanaman itu dipilih karena ketersediaan bibit yang ada di lingkungan dan manfaat yang dapat diambil dari tumbuhan tersebut. "Tanaman obat yang ditanam di SD ini memiliki manfaat medis yang beragam, seperti pengobatan ringan untuk gangguan pencernaan atau penyakit pernapasan," tambahnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Asrul Fahmi MAP mengungkapkan harapannya terhadap program ini. "Dengan adanya edukasi dan apotek hidup di lingkungan sekolah, kita tidak hanya menambah pengetahuan kepada siswa, tetapi juga memberikan mereka alat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah langkah penting dalam mengedukasi generasi muda tentang pentingnya tanaman obat dan bagaimana mereka dapat merawat dan menggunakannya," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar