Tingkatkan Pengetahuan Kelistrikan, Mahasiswa KKN K29 Kunjungi Siswa SD

SHARE:  

Humas Unimal
Tingkatkan Pengetahuan Kelistrikan, Mahasiswa KKN K29 Kunjungi Siswa SD. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 29 Universitas Malikussaleh memberikan pelatihan rangkaian listrik paralel bagi siswa SD Negeri 18 Dewantara, Jumat (27/10/2023).

Muhammad Zikri salah satu mahasiswa KKN mengatakan kegiatan ini merupakan proses memberikan pemahaman dan pengetahuan secara praktis kepada siswa kelas 6 SD Negeri 18 Dewantara mengenai cara merangkai listrik paralel. 

"Siswa diajarkan dan mempraktikkan langsung cara merangkai listrik paralel agar siswa dapat memahami rangkaian listrik paralel dan mengenalkan ilmu-ilmu yang berkaitan di bidang teknik elektro," ungkapnya

Luthfi Pratama Sitorus selaku anggota lainnya menuturkan tujuan kegiatan rangkaian listrik paralel ini adalah untuk menunjang ilmu pengetahuan materi pembelajaran IPA, dimana menuntut siswa harus mampu menguasai ilmu praktis.

"Kami membagi dibagi siswa menjadi 2 kelompok dan dibimbing langsung untuk dapat merangkai listrik paralel yang sudah disediakan oleh pihak sekolah," terangnya.

Lanjutnya, para siswa merangkai dengan berpacu pada langkah-langkah yang sudah di jelaskan oleh mahasiswa.  "Kegiatan ini menambah pengetahuan siswa sehingga mampu memahami konsep dasar dan merangkai rangkaian listrik paralel, terutama perbedaan dan cara memahami rangkaian seri dan paralel secara praktis," katanya.

Kepala sekolah, Marzuki Yahya mendukung penuh kegiatan ini karena siswa kelas 6 di sekolah tersebut sangat minim pengetahuan tentang rangkaian listrik paralel.

"Semoga melalui pelatihan ini dapat memberikan pemahaman bagi siswa tentang kelistrikan dan ini menjadi bekal keilmuannya tentang listrik," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar