Mahasiswa KKN K24 Sosialisasikan Batang Serai Menjadi Produk Minuman

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K24 Sosialisasikan Batang Serai Menjadi Produk Minuman. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 24 sosialisasikan pemanfaatan batang serai sebagai produk minuman UMKM di Gampong Pinto Makmur, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (28/10/2023).

Salah satu anggota kelompok, Bangga Tobing mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat atas potensi tanaman serai yang ada di gampong yang dapat dijadikan minuman yang berkhasiat.

"Tumbuh ini banyak dijumpai di sekitaran rumah masyarakat, namun mereka hanya memanfaatkan sebagai bumbu rempah pelengkap makanan," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh kelompoknya itu berfokus pada produk minuman dari batang serai yang dapat dijadikan sebagai produk UMKM.

"kami membawa sampel sebagai contoh dari tanaman serai yang telah diolah menjadi minuman yang berkhasiat," ucapnya.

Lanjutnya, ada beberapa khasiat dari tanaman serai diantaranya, sebagai obat anti kanker, mengatasi diabetes, mengobati anemia, mengatasi bakteri dan jamur, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah.

"Melalui minuman ini, selain dapat dikonsumsi sendiri juga dapat dijual jika ada yang memesannya," tambahnya.

Khadijah salah satu masyarakat mengatakan sosialisasi ini sangat berguna dan penting karena tanaman serai ini banyak tumbuh di perkarangan rumah.  "Dengan adanya kegiatan ini kami masyarakat bisa tau manfaat dari serai tersebut," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar