Mahasiswa KKN K26 Panen Jamur Tiram di Uten Geulinggang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K26 Panen Jamur Tiram di Uten Geulinggang. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Perberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 26 anen jamur tiram milik masyarakat di Gampong Uteun Geulinggang, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (31/10/2023). 

Ketua kelompok M.Balya Alhayat mengatakan bahwa mereka ikut serta dalam kegiatan panen jamur bersama masyaratakat. "Budidaya jamur tiram adalah salah satu program usaha gampong tersebut yang sampai saat ini berjalan dan hasilnya cukup memuaskan," katanya.  

Ia juga mengatakan berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat, budidaya jamur ini telah dilakukan dari bulan April sampai dengan sekarang dan hasilnya bisa mencapai 10-40 kg setiap kali panen. 

"Untuk perawatan cukup mudah hanya dengan menyiramnya 2 kali sehari, pagi dan sore. Mereka menjual hasil panen dengan harga Rp 40.000,00/kg ke pasar terdekat,” tambahnya.

Yesi Afrillia Mkom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengharapkan agar mahasiswa dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemasaran jamur.

"Semoga mereka dapat memberikan inovasi ataupun ilmu baru yang dapat digunakan dalam memajukan program wirausaha milik gampong itu," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar