Mahasiswa KKN K55 Adakan Pelatihan Pengolahan Buah Pala di Sawang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K55 Adakan Pelatihan Pengolahan Buah Pala di Sawang. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)  Universitas Malikussaleh kelompok 55 beri pelatihan kepada masyarakat tentang pengolahan buah pala menjadi minuman herbal di Gampong Teupin Rusep, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (1/11/2023). 

Hannisyah Firda salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan atas hasil observasi kelompoknya di gampong ini. "Di Gampong Teupin Rusep masyarakat mengolah buah pala hanya menjadi minyak dan bumbu masakan, oleh karena itu kami mengembangkan buah pala menjadi minuman herbal agar bisa dijual oleh masyarakat," terangnya.  

Ia juga mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pengelolaan kulit dan daging buah pala, termasuk proses pengolahan, pengemasan, dan pemasaran produk.

“Ide ini muncul karena kami melihat potensi besar yang dimiliki buah pala di daerah ini akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal,” tambahnya. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh bapak Tgk Saifuddin sebagai geuchik gampong. Ia mengatakan dengan hadirnya mahasiswa di gampong ini semoga mampu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengolahan limbah kulit dan daging buah pala.

"Kita juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam upaya pengembangan produk lokal dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Gampong Teupin Rusep," pungkasnya.

Kelompok ini dibimbing oleh T Edyansyah MSi selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL). [fzl]


Kirim Komentar