Mahasiswa KKN K35 Edukasi Penanaman Serai di Ulee Pulo

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K35 Edukasi Penanaman Serai di Ulee Pulo. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PMM) Universitas Malikussaleh kelompok 35 melakukan penanaman serai sebagai tanaman obat di Gampong Ulee Pulo, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasikan tanaman serai sebagai obat alami yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi penyakit Diabetes, Anemia, dan DBD.

Alin Ardiansyah selaku ketua kelompok mengatakan penanaman itu dilakukan pada salah satu rumah masyarakat yang ada di gampong tersebut. "Penanaman di belasan rumah itu hanya sebagian upaya, namun lebih dari itu kami ingin mengedukasikan manfaat tanaman ini untuk kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan tanaman serai selain dapat dimanfaatkan sebagai obat, juga dapat menjadi pewangi untuk mengusir nyamuk.

"Tanaman ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bahan masakan, namun dari hasil observasi kami, sangat sedikit yang membudidayakan di pekarangan rumah," tambahnya.

Sementara itu, Ibu Siti salah satu masyarakat gampong Ulee Pulo mengatakan bahwa tanaman serai sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. "Saya sangat setuju dengan adanya program penanaman serai dihalaman rumah warga karna serai mempunyai banyak manfaat yang dapat diolah menjadi berbagai macam obat atau wewangian," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar