Mahasiswa KKN K109 Hadirkan Apotek Hidup Bagi Masyarakat Meunasah Krueng

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K109 Hadirkan Apotek Hidup Bagi Masyarakat Meunasah Krueng. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 109 hadirkan apotik hidup bagi masyarakat di Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Nisam, Aceh utara, Kamis (2/11/2023). 

Mereka mengolah lahan yang dulunya semak menjadi area Apotek Hidup di gampong tersebut. 

Sibran salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa kelompoknya terinspirasi oleh pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan di tengah masyarakat. 

"Sebelumnya, kami sudah mengkonfirmasi terkait program ini kepada Geuchik Meunasah Krueng juga para perangkat Gampong dan alhamdulillah mereka mendukung dan memberikan lahan untuk menghadirkan Apotik Hidup ini," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa banyak tanaman yang tumbuh di sekitar gampong yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

"Kami telah menanam beragam jenis tanaman obat seperti jahe, kunyit, serai, lengkuas dan berbagai jenis lainnya. Selain itu, kami juga menuliskan nama dan manfaat dari setiap tanaman tersebut agar masyarakat dapat mengetahui manfaat dan kegunaannya," ujarnya.

Ia juga berharap agar Apotek Hidup ini dapat memberikan solusi kesehatan yang lebih alami dan berkelanjutan kepada masyarakat. "Selain itu, dengan menanam tanaman obat-obatan ini, kami juga mendukung upaya pelestarian lingkungan sehingga area ini sangat ramah lingkungan," lanjut Sibran.

Razali, selaku Geuchik sangat mengapresiasi program ini. "Saya mendukung penuh program ini, karna banyak masyarakat yang mengetahui tanaman tersebut namun tidak mengetahui khasiat lainnya terutama untuk kesehatan," ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa Apotik Hidup yang dibuat oleh mahasiswa menyediakan tumbuhan yang dapat menjadi obat, rempah-rempah, bahan masakan dan tanaman berkhasiat lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat kapanpun secara gratis. 

"Masyarakat pun dapat mempelajari lebih lanjut tentang manfaat tanaman obat-obatan yang ada di Apotik Hidup ini," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar