Bersama Ibu PKK, Mahasiswa KKN K20 Hadirkan Taman Obat Keluarga di Dakuta

SHARE:  

Humas Unimal
Bersama Ibu PKK, Mahasiswa KKN K20 Hadirkan Taman Obat Keluarga di Dakuta. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Bersama Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 20 Universitas Malikussaleh hadirkan Taman Obat Keluarga (Toga) di Gampong Dakuta, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Jumat (3/11/2023). 

Tanaman obat keluarga atau juga disebut dengan apotek hidup merupakan tanaman pilihan yang dibudidayakan oleh keluarga dan memiliki khasiat sebagai obat.

Hayatun Nufus salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa kelompoknya melaksanakan penanaman berbagai jenis tanaman obat di lahan kosong yang berada di rumah Ibu Ana selaku kader PKK gampong.

"Kami bersama memanfaatkan mengolah lahan yang ditumbuhi semak belukar dan menggantinya dengan bibit tanaman obat, serta membersihkan area sekitar lahan  untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengambil tanaman obat di area itu," ungkap Hayatun.

Hayatun juga menambahkan bahwa ada beberapa jenis tanaman yang ditanam, seperti sereh, kunyit, jahe merah, tamulawak, jeruk kasturi, lidah buaya, dan juga pohon bunga kenikir yang berguna sebagai obat Maag dan lambung. 

"Setiap jenis tanaman ini di dikelompokkan dan  diberikan papan nama di setiap jenisnya sehingga memberikan informasi singkat mengenai jenis tanaman dan manfaatnya," tambahnya.

Ana, salah satu Ibu PKK mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. "Setidaknya mereka memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat guna melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan Lahan kosong perkarangan dengan tanaman yang dapat menjadi obat alami," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar