Mahasiswa KKN K146 Latih Anak-Anak Berbahasa Indonesia di Pulo Iboih

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K146 Latih Anak-Anak Berbahasa Indonesia di Pulo Iboih. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 146 ajak anak-anak belajar berbahasa Indonesia di Gampong Pulo Iboih, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa (3/11/2023).

Nisa salah satu anggota kelompok menyampaikan kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia ini dilakukan agar anak-anak kampung Pulo Iboih tidak hanya berfokus pada bahasa Aceh sehingga merasa asing dan gagap dalam berbahasa Indonesia.

"Hal ini tentu akan memberikan dampak negatif dikemudian hari dan dengan adanya kegiatan belajar ini memudahkan anak-anak tersebut nantinya waktu menempuh pendidikan di luar daerah," ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa anak-anak di gampong tersebut cenderung menggunakan bahasa Aceh saat berbicara dan hal tersebut menunjukan bahwa mereka masih minim dan kaku dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan sesama.

"Karena itu kami mengajak anak-anak untuk belajar  Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat menimbulkan minat dalam berbicara bahasa Indonesia dan semakin fasih saat berbicara bersama dengan semua orang," tambahnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Amariruddin Ketaren mendukung kegiatan yang diadakan mahasiswa karena Bahasa Indonesia yang diajarkan adalah bahasa nasional. 

"Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak Gampong Pulo Iboih akan lebih fasih menggunakan Bahasa Indonesia,” pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar