Mahasiswa KKN 159 Sosialisasikan Menabung Bagi Anak-Anak di Kilometer VIII 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 159 Sosialisasikan Menabung Bagi Anak-Anak di Kilometer VIII. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 159 menyelenggarakan sosialisasi menabung bagi anak-anak dengan tema ”Save Your Money” di Gampong Kilometer VIII Kecamatan Simpang Keuramat. Aceh Utara, Jumat (03/11/2023).

Zakqi Mubarrak selaku ketua kelompok mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak agar rutin menabung uang untuk masa depan mereka. 

"Praktik management savings dapat dimulai sejak dini pada anak dan remaja, baik melalui orang tua di rumah maupun guru dan teman-teman di lingkungan sekolah. Untuk bisa menabung memang tidak mudah karena dibutuhkan kesadaran akan betapa pentingnya (manfaat) menabung dan harus ada planning yang baik untuk menyisihkan uang yang dimiliki," jelasnya.

Ia juga menambahkan kelompoknya berusaha menanamkan nilai-nilai positif dan bermanfaat termasuk kebiasaan rajin menabung sejak usia dini.  "Bila sejak anak-anak sudah tertanam mentotalitas suka menabung jika dewasa akan lebih terbiasa untuk rajin menabung. Oleh karena itu, penanaman paham rajin menabung memberikan banyak manfaat di masa depan dan diperlukan untuk remaja," ungkapnya.

Lanjutnya, sosialisasi dilakukan menggunakan media powerpoint, interaksi langsung bersama anak-anak dan penyerahan celengan serta bingkisan kepada mereka sebagai output dari sosialisasi ini. "Celengan yang menjadi output dari sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk anak-anak menyimpan uang," tambahnya.

Likdanawati MSi selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menjelaskan bahwa edukasi menabung yang dilakukan oleh mahasiswa kepada anak-anak di Gampong Kilometer VIII adalah hal penting dan anak-anak perlu mempraktikkan di kehidupan nyata. 

"Harapannya anak-anak sudah memiliki kebiasaan menabung sejak dini agar uang hasil tabungan tersebut dapat dimanfaat di masa yang akan datang," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar