Bersama Masyarakat, Mahasiswa KKN 63 Olah Jantung Pisang Mendaji Abon

SHARE:  

Humas Unimal
Bersama Masyarakat, Mahasiswa KKN 63 Olah Jantung Pisang Mendaji Abon. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 63 Universitas Malikussaleh latih para ibu-ibu membuat abon dari jantung pisang di Gampong Rambong Payong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Selasa (31/10/2023).

Ulida Hassanah salah satu anggota kelompok menyampaikan pelatihan ini dibuat berdasarkan hasil observasi dimana pohon pisang tumbuh dengan subur di gampong ini. "Kami melihat banyak tumbuhan pisang di sini dan akhirnya kami merencanakan program pelatihan membuat abon dari jantung pisang," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelatihan ini juga untuk mendorong pengetahuan masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar gampong. "Selain dapat dikonsumsi sendiri, abon ini nantinya juga dapat dipasarkan," ucapnya.

Pelatihan ini dihadiri oleh 25 ibu-ibu dari Gampong Rambong Payong. Dalam  kegiatan ini tidak hanya berisi praktek pembuatan abon, tetapi juga pemahaman mendalam mengenai pemanfaatan dari jantung pisang. 

Zarniati, salah satu masyarakat mengatakan bahwa sebelumnya jantung pisang diolah oleh masyarakat hanya untuk sayur masakan seperti kuah plik bahkan dibiarkan terjatuh dari pohon pisang sehingga membusuk.

"kami berterimakasih kepada mahasiswa KKN karena memberikan inovasi baru dalam pengolahan jantung pisang kepada kami," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar