Mahasiswa KKN K67 Bersama DPL Hadirkan Tanaman Obat Keluarga di Gampong Jurong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K67 Bersama DPL Hadirkan Tanaman Obat Keluarga di Gampong Jurong. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Sawang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 67 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Subhan MSc melakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di lahan Balai Serba Guna Gampong Jurong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu (4/11/2023). 

Ridha Hafdhi selaku ketua kelompok mengatakan pembuatan Toga ini berawal dari hasil observasi yang mereka lakukan bahwa di gampong tersebut sangat sedikit yang menanam tanaman obat di sekeliling rumah. "Maka dari itu kami mengambil ide untuk melakukan penanaman Toga," ungkap Ridha. 

Ia juga menyampaikan penanaman ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang jenis-jenis tanaman obat yang mudah ditanam sendiri di pekarangan rumah. "Kami mengolah lahan kosong di Balai Serbaguna di gampong ini untuk menanam berbagai jenis tanaman obat," jelasnya.

Tambahnya, terdapat tujuh tanaman obat yang ditanam di lahan tersebut yaitu temulawak, kencur, kunyit putih, temu putih, temu ireng, sereh, serta jeruk nipis. "Kami juga menanam dua jenis tanaman hias seperti pucuk merah dan tanaman hias brokoli kuning yang ditanam dilahan yang sama," tambahnya.

Subhan MSc selaku DPL mengharapkan semoga tanaman tersebut tumbuh dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. "Kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut menanam tanaman obat di rumah masing-masing karena setiap keluarga perlu memiliki tanaman yang dapat dijadikan obat sebagai pertolongan pertama ketika sakit," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar