Sosialisasi Anti Bullying, Ini Yang Disampaikan Mahasiswa KKN 128

SHARE:  

Humas Unimal
Sosialisasi Anti Bullying, Ini Yang Disampaikan Mahasiswa KKN 128. Foto:Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 128 yang berada di Gampong Panton Rayeuk 1, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Kamis (2/11/2023) melakukan kunjungan ke SD Negeri 4 Kuta Makmur untuk mensosialisasikan anti bullying pada siswa. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai dampak bullying bagi kesehatan mental siswa dan solusi cara menangani apabila terjadi bullying.

Anjelita Harahap yang merupakan pemateri menyampaikan bahwa bullying dapat dianggap ketika seseorang secara terus menerus menyakiti, merendahkan atau mengganggu seseorang yang lain dengan tujuan membuatnya merasa buruk.

“Penyebab bullying bisa berasal dari beberapa alasan seperti orang membully orang lain karena mereka berbeda contohnya warna kulit, agama, atau cara berpakaian serta teman teman atau budaya di sekitar seseorang bisa mempengaruhi perilaku bullying,” jelasnya.

Tambahnya, jika orang dewasa tidak memantau dan mengatasi bullying, maka bulliying itu akan sering terjadi pada anak-anak.

“Penting untuk mengajarkan anak anak untuk tidak melakukan bullying dan bagaimana mendukung teman teman mereka. Jika mereka mengalami bullying, mereka harus berbicara kepada orang dewasa yang mereka percayai seperti guru atau orang tua sehingga tindakan dapat diambil untuk melindungi mereka,” tambahnya.

Kepala sekolah Marwati SPd memberi tanggapan positif terhadap sosialisasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Unimal pada sekolah yang dipimpinnya.

“Dengan adanya sosialisali mengenai bullying ini, harapannya ada perubahan bagi sikap dan perilaku siswa SD Negeri 4 Kuta Makmur untuk menjaga sesama serta bisa bermanfaat untuk semua,” pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar