Mahasiswa KKN 114 Edukasi Bunga Telang Bagi Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 144 Edukasi Bunga Telang Bagi Masyarakat. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 114 edukasi manfaat bunga telang dan cara pengolahannya kepada masyarakat di Gampong Bayu, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Senin (6/11/2023).

Cindy Fatia Suhelen salah satu anggota menyampaikan kegiatan ini diadakan karena banyaknya bunga telang yang tumbuh di halaman rumah masyarakat dan belum banyak masyarakat yang memanfaatkan.

"Bunga telang ini memiliki manfaat seperti sebagai pewarna makanan, bahan kosmetik, bahan pewarna rambut, pengobatan tradisional serta bunga telang sangat bermanfaat untuk kesehatan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa bunga telang memiliki sejumlah manfaat seperti menurunkan gula darah, mencegah kanker, mencegah penuaan dini, meredakan migren, mengobati diare, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan dan lain sebagainya.

"Kami bersama masyarakat mengolah bunga telang ini menjadi produk minuman yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat untuk kesehatan," ucapnya.

Cindy menambahkan bahwa cara pembuatan minuman yang dilakukan dengan masyarakat  juga cukup mudah dan praktis. "Bunga telang yang telah dipetik kemudian dijemur sampai kering dan setelah kering tinggal di seduh dengan air panas, bisa ditambahkan gula dan lemon serta menambah kesegaran bisa di tambah es batu untuk menjadi minuman dingin," tambahnya.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr Ahmad Fauzul Hakim Hasibuan mengharapkan dengan memanfaatkan bunga telang ini oleh mahasiswa dapat berguna bagi masyarakat serta menambah ilmu pengetahuan mereka.

"Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan dapat mengedukasikan masyarakat dalam memanfaatkan minuman bunga telang sebagai obat alami," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar