Bersama Warga, Kelompok 143 KKN Unimal Olah Makanan Ringan Kekinian Berbahan Pisang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 143 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan pengolahan makanan ringan bersama kaum ibu Gampong Dayah Meunarah, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (04/11/2023).. Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 143 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan pengolahan makanan ringan bersama kaum ibu Gampong Dayah Meunara, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (04/11/2023).

M. Hadid Alghafiki Ginting selaku ketua mahasiswa KKN kelompok 143 menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan untuk mendukung pengembangan  sektor usaha kecil dan menengah di Gampong Dayah Meunara dengan memanfaatkan hasil perkebunan untuk menjadi makanan ringan dan sehat untuk dipasarkan. Adapun produk makanan yang diolah berbahan dasar buah pisang yang dijadikan keripik pisang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bahwa masyarakat mendapatkan ide baru untuk pengolahan pisang dalam hal ini keripik pisang. Kita bersama warga membuat keripik pisang kekinian seperti keripik pisang rasa cokelat.  Semoga bisa menjadi ide bisnis baru bagi masyarakat di Gampong Dayah Meunara dan membangkitkan semangat berwirausaha masyarakat”, ujar Hadid.

Sementara itu, Geuchik Dayah Meunara, Lukman ZA berharap mahasiswa KKN untuk terus menuangkan ide-ide, kreatifitas dan inovasinya dan bekerjasama dengan masyarakat gampong dalam mendorong kemajuan usaha kecil menengah yang ada di gampongnya.

“KKN adalah salah satu wadah mahasiswa untuk belajar mengimplementasikan teori yang didapatkan selama di bangku kuliah, seperti  yang dari fakultas Ekonomi bisa menerapkan ilmunya di bidang ekonomi terutama dalam pengembangan usaha masyarakat hingga pemasaran misalnya. Begitu juga dengan mhasiswa jurusan lainnya’,sebut Lukman.

Kelompok 143 terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai prodi di Universitas Malikussaleh. Dalam menjalankan program kerjanya, mereka dibimbing oleh Dr Ishak sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). [kur]


Kirim Komentar