Mahasiswa KKN 138 Adakan Penyuluhan Pupuk Biosaka Kepada Wanita Tani

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 138 Adakan Penyuluhan Pupuk Biosaka Kepada Wanita Tani. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)  Universitas Malikussaleh kelompok 138 mengadakan penyuluhan tentang Biosaka kepada para wanita tani di Gampong Pulo Barat, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa (7/11/2023).

Zaky Maulana selaku ketua kelompok mengatakan bahwa penyuluhan ini bertujuan untuk memperkenalkan Biosaka berupa pupuk cair yang terbuat dari ekstrak dedaunan segar yang cukup ramah lingkungan dan ekonomis dalam kegiatan bertani.

"Pupuk Biosaka merupakan ramuan organik untuk tanaman perkebunan, yang dapat diproduksi secara mandiri. Biosaka sendiri dibuat melalui metode peremasan menggunakan tangan tanpa melalui proses fermentasi dan tanpa bantuan mikroba, juga dapat langsung digunakan sesaat setelah dibuat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pupuk Biosaka ini sangat membantu para petani untuk mengurangi biaya pemeliharaan tanaman karena semua bahan baku pembuatan pupuk Biosaka tersedia di alam. "Pupuk ini juga memiliki masa simpan sampai 6 bulan," ucapnya.

Sementara itu, Barmawi MSi selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN yang bermanfaat bagi para wanita tani di gampong.

"Kegiatan ini tentu memiliki dampak positif dan menjadi salah satu solusi petani dalam mengatasi mahal dan langkanya pupuk. Para petani dapat membuat pupuk sendiri dengan bahan yang mudah dijangkau," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar