Mahasiswa KKN K89 Ajarkan Pembuatan Pupuk Organik Cair Kepada Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K89 Ajarkan Pembuatan Pupuk Organik Cair Kepada Masyarakat

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 89 adakan program sosialisasi Pupuk Organik Cair bagi masyarakat Gampong Meunasah Cut, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Sabtu (11/11/2023)

Annisa Khairani salah satu anggota kelompok yang menjadi pemateri mengatakan bahwa program pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan Pupuk Organik Cair (POC) berbahan dasar gulma kirinyuh kepada masyarakat melihat banyaknya potensi lokal di bidang pertanian dan perkebunan.

"Saat ini, gulma kirinyuh (tumbuhan berkayu yang termasuk dalam keluarga Asteraceae) sangat mumpuni untuk dijadikan sebagai pupuk organik cair karena pada kirinyuh mengandung unsur NPK yang berguna untuk mendorong pertumbuhan daun batang dan akar bagi tanaman. Selain itu POC dapat berguna sebagai perbaikan struktur tanah," katanya.

Annisa Khairani menyampaikan pemanfaatan pupuk organik cair (POC) bagi masyarakat desa meunasah cut nantinya . Di mana POC ini bisa digunakan sebagai pengganti pupuk kimia.

 "Karena mengetahui biaya pupuk yang lebih tinggi dibandingkan hasil panen petani. Jadi dengan pemberian pengetahuan mengenai pembuatan pupuk organik cair ini diharapkan masyarakat bisa meningkatkan hasil panen dan tanpa harus membeli pupuk kimia untuk menghemat pengeluaran," ungkapnya.

Sekretaris Desa, Zul Ikram menyampaikan, dengan adanya pelaksanaan sosialisasi POC ini kepada masyarakat Meunasah Cut yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Unimal dapat memberi hal yang baru  bagi masyarakat Meunasah Cut.

"Melihat di sektor pertanian dan perkebunan yang mendominasi di desa kami, dan juga hampir seluruh masyarakat bermata pencaharian yang bergantung dari hasil perkebunan.

 Adanya pelatihan ini menjadi gagasan baru dalam upaya perawatan pertanian dan saya harap masyarakat dapat menerapkan apa yang disampaikan terkait POC ini nantinya," tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar