Mahasiswa KKN 14 Buat Briket Dengan Bahan Sekam Padi di Gampong Panigah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 14 Buat Briket Dengan Bahan Sekam Padi di Gampong Panigah. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Mane - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 14 membuat Briket menggunakan bahan sekam  padi di Gampong Paniah, Kecamatan Muara Batu, Selasa (31/10/2023).

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, pembuatan Briket tersebut bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya lokal dengan pemanfaatan limbah sekam padi menjadi bahan yang mempunyai nilai jual. 
 
Salah satu mahasiswa KKN, Reja Adum Harahap mengatakan bahwa potensi yang ada di Gampong Panigah adalah pertanian dan perkebunan. "Masyarakat Gampong Panigah 80 persen bekerja sebagai petani dan mayoritas menanam padi. Pasti banyak sekam padi yang terbuang setelah panen, dari pada terbuang sia-sia lebih baik dibuat Briket yang bisa dijual dan mungkin bisa diproduksi secara besar oleh masyarakat,” terangnya. 

Ia juga menambahkan nahwa pembuatan Briket ini bertujuan untuk menciptakan terobosan lingkungan dengan menggunakan bahan utaman sekam padi. "Inovasi ini juga diharapkan bisa menjadi solusi kreatif dalam mengelola limbah pertanian dan meningkatkan pemanfaatan energi terbaru," jelasnya.

Sementara itu, Geuchik Gampong Panigah, Bahanuddin dalam rasa penasarannya pada hasil produksi Briket yang dibuat mahasiswa menyatakan agar mahasiswa harus memperkenalkan Briket ini ke masyarakat Gampong Panigah. 

"Mahasiswa mampu memanfaatkan limbah sekam padi menjadi suatu produk dan semoga masyarakat kami dapat memproduksi Briket ini karena produk ini memiliki potensi besar dan ramah lingkungan serta dapat dipasarkan," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar