Tanam Holtikultura, Wujud Pengabdian Mahasiswa KKN K83 Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan tanam yang dilakukan mahasiswa KKN K83 di Gampong Alue Keurinyai, Kecamatan Bandar Baroe, Aceh Utara

UNIMALNEWS | Reuleut - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Kelompok 83 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan menanam tanaman hortikultura di perkarangan tanah PKK Gampong Alue Keurinyai Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis (9/11/2023).

Proses tanam dimulai dengan membuat bedengan tanah yang bertujuan untuk menggemburkan tanah. Untuk pemupukan tanah, dilakukan menggunakan pupuk kompos dari sekam dan kotoran hewan ternak. Setelah pemupukan polibag dari tanaman bayam dan kangkung ditanam, bedengan tanah yang dibuat sebanyak kurang lebih 4 bedengan dengan luas 10 x 5 m2. Tanaman hortikultura yang ditanam tepatnya yaitu kangkung dan bayam. Tujuan dari penanaman ini agar masyarakat dapat mengkonsumsi sayuran-sayuran yang sehat dan berkualitas.

Erlangga Utama Zuler selaku anggota kelompok, mengatakan pembuatan tanaman hortikultura ini untuk persediaan sayuran sehat dan bisa dinikmati oleh masyarakat Gampong Alue Keurinyai. "Pembuatan tanaman ini diharapkan supaya seluruh masyarakat dapat memulai mengkonsumsi makanan yang sehat, sayuran-sayuran yang ditanam ini sangat kaya akan nutrisi dan mineralnya dan sangat banyak manfaatnya," ujarnya.

Rasyidin,  Keuchiek Gampong Alue Keurinyai, mengatakan pembuatan tanaman sayuran-sayuran yang dari mahasiswa KKN K83 ini adalah wujud kepedulian akan kesehatan masyarakat. “Alhamdulillah saya mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa KKN kelompok 83 yang sudah menuangkan ide nya untuk membuat tanaman ini. Ini menjadi titipan bagi kami yang akan kami jaga dan rawatsebaik-baiknya,” lanjut Rasyidin.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Nursanjaya mengharapkan seluruh Mahasiswa KKN kelompok 83 agar selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Gampong Alue Keurinyai dan menjaga nama baik Universitas Malikussaleh. "Mudah-mudahan program kerja yang telah kalian laksanakan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Gampong Alue Keurinyai," tutupnya [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar