Mahasiswa KKN K109 Sosialisasi Pembuatan Pupuk Ramah Lingkungan di Meunasah Krueng

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K109 Sosialisasi Pembuatan Pupuk Ramah Lingkungan di Meunasah Krueng

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 109 melaksanakan sosialisasi pembuatan pupuk organik menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di lingkungan Gampong Meunasah Krueng Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

Anggota KKN, Nadya Maulina Syifa mengatakan, dalam sosialisasi yang digelar di Meunasah Krueng ini para anggota kelompok 109 secara interaktif memandu warga praktik langsung cara membuat pupuk organik seperti kompos, menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemui di sekitar desa dan merupakan potensi desa ini sendiri seperti pupuk kandang, tanah dan juga sekam bakar yang bahan bakunya diperoleh dari padi.

“Pendekatan praktis ini bertujuan untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan memberikan warga keterampilan yang dapat mereka terapkan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sibran selaku pemberi materi sosialisasi menjelaskan tujuan kegiatan ini, ingin memberikan pengetahuan praktis kepada warga Meunasah Krueng tentang cara membuat pupuk organik dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar desa. Ini bukan hanya dapat meningkatkan hasil pertanian mereka, tetapi juga membantu menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Masyarakat sangat mengapresiasi inisiatif kami, karena tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada mereka, tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan," ungkapnya.

“Salah seorang warga juga membagikan kesannya, bahwa ia senang bisa belajar cara membuat pupuk sendiri. Ini akan membantu saya mengurangi penggunaan pupuk kimia dan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar," tambahnya.

Kegiatan ini bukan hanya meninggalkan jejak positif dalam pengetahuan masyarakat, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan. [tmi]


Kirim Komentar