Kembangkan Ide Usaha Kuliner Warga, Mahasiswa KKN K131 Unimal Kenalkan Keripik Lumer Cokelat.

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 131 bersama dengan kaum ibu membuat keripik pisang lumer cokelat di Gampong Meunasah Kulam, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (9/11/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 131 bersama dengan kaum ibu membuat keripik pisang lumer cokelat di Gampong Meunasah Kulam, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (9/11/2023).  

Syahrul Hidayat selaku ketua kelompok 131 mengatakan bahwa pembuatan keripik pisang lumer cokelat ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di gampong dan sekaligus mendorong ide usaha produktif kuliner berbahan dasar buah pisang. Selain itu, pembuatan keripik ini pun membutuhkan bahan yang mudah dijumpai dan modal yang tidak terlalu besar. 

“Saat ini usaha kuliner sudah menjamur di mana-mana dan oleh karena itu diperlukan ide baru yang kreatif untuk bisa berkembang sehingga kami memperkenalkan keripik pisang lumer cokelat sebagai salah satu ide usaha kuliner yang kami harap bisa mendorong semangat berwirausaha masyarakat terutama kaum perempuan”,ujar Syahrul.

Adapun bahan yang diperlukan dalam membuat keripik pisang lumer coklat ini adalah pisang, cokelat batang, minyak goreng, gula, garam, dan baking powder. Sedangkan alat yang dibutuhkan diantaranya kompor gas, wajan, baskom, pisau,  dan parutan.

Ibu geuchik Gampoeng Meunasah Kulam, Aminah, mengatakan bahwa  pembuatan keripik pisang lumer yang dilakukan diharapkan akan membantu para ibu-ibu untuk membuka usaha sendiri serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Keripik lumer cokelat ini bisa menjadi cemilan alternatif rumah tangga dan semoga bisa dimanfaatkan sebagai usaha kecil bagi kaum ibu di sini”,ujarnya.

Anggota KKN-PPM Unimal Kelompok 131 terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Malikussaleh dan mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nura Usrina MT. [kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar