Mahasiswa KKN 55 Unimal Adakan Sosialisasi Anti-Bullying di Sekolah Dasar

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 55 Unimal sosialisasi anti-bullying di Sekolah Dasar. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Sejumlah mahasiswa  KKN yang tergabung dalam kelompok 55 Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan sosialisasi anti-bullying di Sekolah Dasar (SD) Gampong Tanjong, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at (13/09/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi tindak kekerasan pada anak serta untuk menciptakan suasana yang nyaman dilingkungan sekolah. “Karena bullying merupakan salah satu faktor penghambat anak-anak untuk belajar dan perkembangannya juga dapat terganggu,” kata Lismawati mahasiswa Psikologi Unimal.

Lisma berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi tindak penindasan yang terjadi dikalangan anak-anak. Karena efek dari bullying ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seorang anak dan dapat menyebabkan kehilangan masa depan anak yang menjadi korban tindak penindasan tersebut.

Lanjutnya, Anak-anak juga diberikan pemahaman mengenai hukum tentang bullying dan juga menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang perlunya menghindari bullying.

“Bahwa pelaku bullying terhadap anak dapat di pidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak,” tutur Risliani mahasiswa Hukum Unimal.

Sementara Yenny Novianti selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan sosialisasi anti-bullying sangat penting dikalangan anak-anak hingga remaja dan diharapkan tindak penindasan tersebut dapat dicegah dengan cepat apabila terjadi dalam ligkungan sekolah.

“ Kita bisa melihat maraknya tindakan bulying yang terjadi baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah, semoga dengan diadakannya sosialisasi ini anak-anak bisa menerapkan pertemanan yang baik sesamanya,” ujarnya.[tmi]


Kirim Komentar