Mahasiswa KKN Unimal Buat Kaligrafi Dari Serbuk Kayu Tak Terpakai

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 12 Unimal. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa  yang tergabung dalam Kelompok 12 KKN PPM Tim 1 Angkatan XXVI Tahun 2019 Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan membuat kaligrafi dari serbuk kayu tak terpakai Pemuda Gampong Meunasah Teungoh, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara. Pelatihan ini dilakukan di Posko KKN Kelompok 12, Kamis (12/09) kemarin.

Dua orang Mahasiswa KKN yang menjadi pemateri pada kegiatan kali ini, yakni Dani Arisyaputra Nst. dan Dery.

"Selama ini, sering kali serbuk kayu hasil industri mebel tidak terpakai, dan menjadi limbah Industri. Tak Ayal, dengan adanya pelatihan ini, membuat pemuda gampong menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan limbah serbuk kayu yang tak terpakai menjadi suatu hasil karya seni kaligrafi, bernilai ekonomis tinggi,"kata Dani Arisyaputra kepada Unimalnews, Jumat (13/9/2019).

Menurut Syahputra, pelatihan membuat karya seni kaligrafi ini dilakukan dengan memberikan praktek dan penjelasan secara langsung kepada pemuda gampong. Praktek ini dimulai dari membuat konsep kaligrafi, mengukir kaligrafi di atas papan tipis, mencampurkan bahan serbuk kayu dengan lem, melakukan proses pencetakan ukiran kaligrafi, hingga proses pemberian warna dan pengeringan kaligrafi.

Pada agenda pelatihan pembuatan kaligrafi tersebut, pemuda Gampong sangat mengapresiasi adanya pelatihan ini bahkan Pemuda Gampong sangat antusias dalam kegiatan kali ini.

"Pemuda disini sangat senang dan mengapresiasi kegiatan Pelatihan Pembuatan Seni Kaligrafi dari Serbuk Kayu tersebut. Disini kami mengajarkan cara memanfaatkan dengan baik dan kreatif serbuk kayu yang tidak terpakai lagi,"tuturnya.

Dalam Agenda Pelatihan ini pula, Mahasiswa KKN juga memberikan pengetahuan serta wawasan bagaimana cara memasarkan secara efektif produk karya seni yang telah di buat.[tmi]


Kirim Komentar