Mahasiswa KKN Manfaatkan Rebung Menjadi Pupuk Organik Cair

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 03 melakukan sosialisasi pembuatan pupuk organik cair di gampong Ie Tarek I, Aceh Utara, Kamis (12/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara – Mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh (Unimal) kelompok 03 melaksanakan program sosialisasi dan proses pembuatan pupuk mol (cair) di gampong Ie Tarek I kecamatan Simpang Keuramat  Aceh Utara Kamis (12/09)

Proses pembuatan pupuk organik cair memanfaatkan bahan-bahan yang mudah di dapat seperti, rebung bambu, bonggol pisang, sabut kelapa, buah pepaya serta gula merah.

Menurut Arjun yang merupakan salah seorang Mahasiswa KKN Kelompok 03, cara pembuatan pupuk ini adalah dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu, masukkan gula merah, air secukupnya, serta masukkan EM 4 ke dalam jerigen (wadah) yang sudah disiapkan. Setelah itu diamkan selama 2 (dua) minggu secara anaerob (tanpa udara). Setelah dua minggu, larutan tadi kemudian di saring dan dimasukkan dalam wadah penyimpanan dan siap untuk digunakan.

Baca Juga : Pupuk Organik Cair Dari Bonggol Pisang Karya Mahasiswa KKN Unimal

Humas KKN Kelompok 03, Lidiana Menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk cair ini dilaksanakan karena banyaknya petani sekarang yang menggunakan pupuk kimia secara terus-menerus dalam budidaya tanaman tanpa diimbangi dengan pupuk organik dapat menyebabkan kadar bahan organik tanah menurun, struktur tanah rusak, dan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Sebaiknya petani juga menggunakan pupuk organik untuk meningkatkan dan mempertahankan kesuburan tanah. Pupuk yang dihasilkan ini baik untuk digunakan pada tanaman hortikultura, jelas Lidiana.[ryn]


Kirim Komentar